Istilah 
Blog diperkenalkan oleh 
Jorn Barger pada tahun 1997, berasal dari kata 
Web dan 
Log.  Web adalah website dan Log adalah catatan kronologis. Istilah Blog oleh  Jorn Barger dipakai untuk  menyebut kelompok website pribadi yang  selalu diupdate secara kontinu disertai dengan komentar-komentar oleh  orang lain dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap  menarik.
. Sebuah kata populer untuk menyebut sebuah website yang berisi tulisan, gambar, video bahkan berisi komentar orang lain.
Oleh 
Wikipedia,  pengertian Blog diperluas lagi menjadi sebuah website yang biasanya  diurus oleh seseorang dengan isi tulisan menurut diri pribadi yang  diperbaharui setiap saat, berisikan deskripsi kegiatan dan material lain  seperti gambar serta video. Format tulisan biasanya diurutkan secara  kronologis. Banyak blog digunakan untuk catatan informasi dengan topik  bahasan tertentu disamping fungsi lain sebagai catatan pribadi  seseorang. Sebuah blog biasanya berisi teks tulisan, gambar, video, dan  link ke blog lain. Kemampuan untuk meninggalkan komentar dari pihak lain  adalah kekuatan dari sebuah blog. Kebanyakan blog berisi tulisan  pribadi pemiliknya, terkadang pula blog berisikan topik khusus seperti  seni, sketsa, photography, video, musik, audio, yang menjadi bagian dari  media sosial. Terminologi blog berkembang lagi melahirkan 
Micro Blogging, yaitu tipe lain dari blogging (kegiatan nge-blog) yang berisikan tulisan pendek.
Pengguna blog adalah individu/pribadi, komunitas, organisasi, bahkan  perusahaan. Pengguna individu bisanya disebut blogger. Kehadiran blog  adalah sebagai media informasi dua arah, sehingga sering dimanfaatkan  oleh individu itu menyebarkan ide pemikirannya (contoh blog pribadi:  milik  dll). Contoh blog komunitas adalah 
Bali Blogger Community, 
komunitas.bloggerbojonegoro.com , 
www.bloggerbojonegoro.com dll. Blog organisasi seperti 
IMTPI, 
Kisara,  dll. Blog juga digunakan oleh perusahaan untuk media komunikasi antara  juru bicara perusahaan dan pelanggannya atau untuk kepentingan publik.  Perusahaan dapat menggunakan blog untuk meluncurkan produk/layanan,  menanggapi isu atau kritik dan menyampaikan kebijakannya. Contoh blog  perusahaan adalah 
Bali Orange Communications, 
Microsoft, 
General Motors, 
Kalbe Farma, dll (
Susah banget cari blog perusahaan di Indonesia).
Secara umum, ciri-ciri website bertipe blog adalah :
- Terdapat tulisan informatif yang tersusun secara kronologis berdasarkan waktu dan terbagi menjadi beberapa kategori.
- Tulisan tersimpan rapi berurutan dalam arsip berita berdasarkan bulan.
- Terdapat fasilitas untuk meninggalkan pesan atau komentar terhadap informasi yang tersaji dalam blog.
- Biasanya terdapat link ke website/blog favorit lain.
- Dan beberapa fasilitas penunjang lainnya seperti, cuplikan foto, shoutbox, pencarian informasi dalam blog (search), dll.
Untuk bisa memiliki blog, sangat mudah. Sekarang sudah banyak  penyedia blog gratis yang akan menampung semua informasi Anda baik itu  tulisan teks, gambar, audio, dan video. Penyedia blog yang populer  diketahui adalah 
Wordpress, 
Blogger, 
TypePad, dll. Penyedia blog populer saat ini dari Indonesia adalah 
Dagdigdug dan 
blogdetik.  Mereka mempunyai sistem pendaftaran yang mudah dipahami. Tidak perlu  menjadi programmer website atau web desainer untuk mempunyai sebuah  blog.
Karena gratis, maka nama blog yang Anda terima masih ada embel-embel  nama penyedia blog, misal http://sibadu.wordpress.com. Blog bisa  menggunakan nama pribadi sesuai selera Anda, seperti contoh  http://www.Abied.com atau 
http://www.deltanetkabunan.com. Untuk mendapatkan  nama pribadi dalam blog, Anda harus menyediakan dana untuk pembelian  nama domain, menyewa web hosting dan install program blog dalam website  itu. Silahkan menghubungi perusahaan penyedia 
domain name dan web 
hosting Indonesia untuk kebutuhan blog menggunakan nama pribadi. Mereka akan bantu Anda.
Beragam motivasi alasan orang untuk membuat blog, diantaranya :
- Suka menulis.
- Dokumentasikan perjalanan hidup.
- Sampaikan ide pemikiran.
- Mempengaruhi masyarakat.
- Media protes/kritik tapi tidak mungkin termuat di media publik.
- Mengisi waktu.
- Ikutan tren.
- Cari kenalan/teman baru.
- Cari peluang bisnis.
- Biar ngetop dan terkenal.
- Biar berguna di masyarakat.
- Menyalurkan hobi narsisme.
- Hampa hidup tanpa nge-blog.
- dll (bagaimana menurut Anda ?).
Dari motivasi diatas, jelas akan menimbulkan manfaat dalam nge-Blog, diantaranya :
- Potensi menjadi terkenal.
- Potensi mendapat duit dari blog.
- Menjadi pintar menulis. (Bisa karena terbiasa).
- Wawasan luas.
- Lebih peka terhadap kondisi sosial.
- Punya teman baru dari berbagai daerah di dunia.
- Membangun komunitas.
- Membangun brand/merek pribadi.
- Memberikan manfaat bagi orang lain/masyarakat.
- Ide/produk akan dikenal luas melalui internet.
- Kepuasan pribadi, jadikan hidup lebih berwarna.
- dll (bagaimana menurut Anda ?).