Microsoft Security Essentials ( MSE )

Dalam dunia komputer dan internet, virus dan anti virus adalah dua pihak yang saling berseteru dari jaman nenek moyang. Ibarat dua sisi pada keping mata uang. Entah yang kalah siapa atau yang menang siapa, sampai saat inipun masih berperang satu sama lain. Dari berjuta-juta pengguna komputer dan internet di dunia ini sebagian besar masalah komputer dan internet ditimbulkan oleh adanya serangan virus. Entah sudah berapa banyak jenis virus yang telah diciptakan, dan sudah berapa banyak korban yang berjatuhan. (Weleh ... kok dramatis) Tapi memang itulah kenyataannya. Banyak sudah antivirus yang muncul guna menangkal serangan dari virus tersebut, baik yang berbayar sampai yang gratis (eh .. terbalik, dari yang gratis sampai berbayar). Tentunya anda sudah tidak asing lagi mengenai anti virus gratisan / free anti virus ini, bahkan mungkin saat inipun anda sedang menggunakannya(seperti saya).


Bagi anda pengguna anti virus gratisan, anti virus berikut mungkin bisa menjadi referensi untuk dicoba melawan dan mengamankan komputer dari serangan virus. Sebenarnya tulisan ini sudah sangat terlambat untuk diterbitkan, mengingat antivirus ini sudah rilis pada bulan-bulan akhir tahun 2009 kemarin. So ... gpp .. pokoknya tetap nulis terus ... yang penting bisa berbagi dan belajar bersama sahabat. OK dilanjutin ceritanya. " Microsoft Security Essentials " (MSE) di buat oleh Microsoft, sebuah perusahaan raksasa pengembang software dan OS yang sudah tak asing lagi bagi kita.

Bagi anda yang berminat mencoba, baca dulu spesifikasi komputer anda :
  1. Operating system :
    • Win XP SP 2 atau 3
    • Win Vista
    • Win 7
  2. Clock speed dan RAM
    • Windows XP, CPU clock speed : 500 MHz atau lebih, dan 256 MB RAM atau lebih.
    • Windows Vista and Windows 7,CPU clock speed : 1.0 GHz atau lebih, dan 1 GB RAM atau lebih
  3. VGA.
    • VGA display :800 × 600 atau lebih.
  4. Hard disk
    • terdapat space minimal 140 MB.
  5. Koneksi internet. Ini dibutuhkan untuk installasi dan update MSE.

Yang perlu diketahui shob... MSE ini hanya dapat diinstall pada Operating System Windows yang asli atau genuine. Karena sesaat akan dimulai install MSE ini menjalankan Genuine Windows Validation untuk mengetahui windowsnya asli atau windows bajakan. Kalau windowsnya asli maka install akan berlanjut, namun jika windowsnya bajakan maka akan berhenti sampai disitu dan windows anda akan muncul Windows Genuine advantage ( WGA ) Untuk mengatasi WGA dan windows biar jadi asli/genuine, bisa dibaca pada Mengatasi WGA

Pengalaman saya menggunakan antivirus ini selama kurang lebih sudah 3 bulan, Saya rasa OK juga, tidak kalah dengan antivirus manca yang lain. Cuma menurut saya... kekurangannya yaitu pada waktu pendeteksian virus selama scan, tidak bisa langsung dilihat/diketahui, bahwa virus tersebut berada pada directory apa, atau folder apa, seperti pada antivirus yang lain yang langsung bisa diketahui dimana folder yang terinfeksi virus. Untuk yang lain saya kira asyik-asyik aja ... Sebelumnya saya sudah banyak mencoba antivirus (gratisan tentunya) dan ini yang terakhir masih terpasang selain antivirus lokal. Entah untuk bulan depan dan depannya lagi, mungkin masih menggunakan MSE atau bisa juga tidak. Wallahu alam.

Bagi yang sudah pakai MSE mohon sharenya di kotak komentar. Dan bagi yang belum, saya tidak menganjurkan tapi kalau mau silahkan mencoba. Tidak ada salahnya agar bisa membandingkan dengan antivirus yang lain. Silahkan download langsung ke sumbernya di Microsoft Security Essentials

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Delta Net KABUNAN