18 Tips Agar Blog Tampil Profesional

    Penting untuk sobat Artikel ini sepenuhnya ide dan tulisannya gue ambil dari seorang blogger yang memang gue anggap ahlinya di dalam dunia perbloggingan. Lalu pertanyaannya kenapa gue mengambil ide dan tulisan artikelnya ?, jawabannya Simple, karna menurut gue artikel ini Penting untuk gue sebar-luaskan, agar blogger pemula seperti gue dan blogger yang baru memulai blogging bisa mengerti bagaimana agar blognya terlihat Profesional, Apalagi sekarang di Bojonegoro udah banyak blogger newbie yang bermunculan.

    Ok, kita mulai yukk.. Menambahkan widget dan aksesoris  pada blog emang  menyenangkan dan bisa membuat halaman blog terlihat menarik. Tapi taukah sobat ada beberapa hal yang harus di hindari pada halaman blog, agar blog terlihat lebih Profesional. Kenapa tampilan halaman blog harus profesional ?, jawabannya seh asbrak, walaupun sangatlah variatif. Sobat tahu kan penampilan halaman user interface yang baik adalah yang utama, apapun di dunia ini pertama kali yang di lihat adalah penampilan. Jika kesan pertama sudah tidak baik, jelas akan berpengaruh buruk terhadap pengujung blog sobat. Secara realita memang penilaian setiap orang bervariasi dan relatif, tetapi tidak ada salahnya kan kita menuju ke arah kesempurnaan.

    Mungkin sobat semua masih ingat beberapa bulan yang lalu, pas gue baru memulai blogging. *haduh parah dah.. * banyak sekali widget dan aksesoris yang gue pasang di halaman blog, tapi setelah gue mendapatkan ilham. *ciee, ilham ni yee * lanjut dah., akhirnya gue pikir-pikir kembali untuk apa semua itu jika ngga ada hubungannya sama sekali sama blog gue dan jangan berpikir bahwa tampilan blog gue sudah profesional karna untuk mencapai tujuan tersebut sangat ngga mudah dan butuh waktu. Untuk menjawab semua hal di atas gue akan membagi tips bagaimana menjadikan halaman blog sobat terlihat lebih berisi dan terlihat profesional lalu apa saja yang harus di lakukan dan di hindari pada blog sobat.

                                             18 tips agar blog terlihat Profesional

1. Lakukan pengecekan halaman pada beberapa browser yang berbeda.
    Tampilan halaman sobat begitu cantik dan menarik di browser firefox tapi belum tentu bagus di browser IE dan Opera atau browser lainnya. Untuk cobalah lakukan pengecekan dengan browser yang berbeda. Misal : Firefox, Flock, Opera, IE dan lain-lain.

2. Pilihan warna blog.
    Pemilihan warna memang gampang-gampang susah *blog ini susah banget <= curhat* semua tergantung selera pada pemilik blog, Tetapi janganlah terlalu egois, pilihlah warna sesuai dengan tema blog sobat. Coba sobat pikir, andai blog sobat tentang agama dengan pilihan warna hitam. ini pasti terlihat janggal, kebanyakan warna hitam lebih cenderung ke situs yang bertemakan underground.

3. Hindari memasang jam.
    Tanyakan pada diri sendiri apa gunanya memasang jam, jika hanya sebagai pengingat waktu atau mempercantik halaman sebaiknya tidak perlu. Apa gunanya jam pada Taksbar Windows ??, yang jelas bakal bikin load page blog sobat semakin berat.

4. Hindari memasang kalender.
    Apa gunanya kalender windows ?, pengunjung blog sobat butuh informasi bukan ingin melihat kalender. Note: kalender yang gue maksud adalah kalender umum, beda dengan kalender yang menampilkan sebuah posting. (biasanya banyak di gunakan di blog wordpress)

5. Hindari memasang jumlah pengunjung tetap.
    Jika sobat baru memulai ngeblog, jangan gunakan jumlah pengunjung (counter), ini akan berakibat penilaian buruk terhadap blog sobat, walaupun untuk beberapa penyedia layanan counter menyediakan untuk memanipulasi dan menambah jumlah pengunjung secara manual. Coba pikir, blog yang baru di buat sudah mencapai 100.000 pengunjung, apakah mungkin ?

6. Jangan memelas untuk meminta mengkllik iklan.
    Hindari kata "klik [banner/gambar/link iklan] ini" atau bahasa apapun yang meminta pengunjung blog sobat untuk mengklik iklan. Sampai saat ini ada beberapa blog yang melakukan hal ini. (maaf jika blog sobat termasuk dalam hal ini) siapa seh di dunia ini yang suka di perintah. Tanpa sobat menyuruh pun pengunjung bakal mengklik iklan tersebut jika di rasa berguna bagi mereka.

7. Memasang readmore/selanjutnya bila rata-rata post tulisanmu banyak.
    Tidak masalah bila rata-rata tiap tulisan posting sobat hanya 5 sampai 7 paragraf, walaupun tanpa memasang widget readmore/selanjutnya. Tetapi ini akan menjadi masalah bila rata-rata setiap tulisan sobat selalu melebihi 10 sampai 20 paragraf setiap postnya. *bahkan lebih dari 20 paragraf dan setiap page blog lebih dari 10 post., haduuh,nyiksa dah.. * Selain membuat pengunjung blog tersiksa dengan loading page blog sobat, pengunjung pun akan malas melihat artikel-artikel sobat lainnya, karna harus menye'croll artikel-artikel sobat yang begitu panjang. *efek samping: scroll mouse bisa cepet aus bila keseringan kunjungi blog seperti ini * Tidak sulit koq memasang readmore, ada banyak blogger yang memberitahu/share cara membuatnya. (pasanglah readmore atomatis rekomendasi dari gue)

8. Jangan memasang iklan yang berserakan.
    Iklan yang banyak memang sangat menguntungkan, namun jangan sampai isi halaman sobat hanya ada iklan dan iklan. Pasanglah yang sewajarnya dan taukah sobat ?, sebab pengunjung sangat risih dengan adanya iklan yang terlihat melebihi kapasitas dari halaman blog sobat.

9. Hindari memasang lagu (mp3) di blog.
    Selain membuat halaman blog menjadi berat. Blog yang menampilkan lagu agak terkesan tidak Profesional dan (maaf) agak jadul "jaman dulu" *terus lagunya nya house music, haduuh.. ini blog, apa tempat dugem yah..* tidak masalah jika blog sobat tentang music, tapi kalau blognya tentang informasi kayanya kurang cocok deh.

10. Menampilkan status IP/Browser, Peta, & Tempat asal pengunjung.
    Maaf, gue tanyakan kepada sobat., apakah blog sobat program spy/mata-mata ?, bukan kan. Jadi lebih baik tidak perlu memasangnya agar pengunjung tidak merasa di mata-matai dan di intai. Ingat !!, pengunjung atau sobat pribadi pasti ingin kenyamanan bila bertamu ke tempat orang lain, lalu bagaimana bisa nyaman bila tamunya merasa di mata-matai atau di intai.

11. Memasang widget yang tidak ada hubungannya dengan blog.
    Menambah widget memang menyenangkan tapi jika tidak ada hubungannya malah blog sobat terkesan aneh. Pasanglah widget sesuai dengan kebutuhan sobat. Contoh: widget video, padahal blog sobat sama sekali tidak bertemakan/mengenai movies atau film.

12. Jangan hanya copy-paste.
    Mungkin siapapun tidak ada yang melarang sobat untuk copy-paste, jika memang di lakukan sebaiknya perbaiki juga code scriptnya. Hargai jerih-payah penulis sebenarnya, karna jika hanya copy-paste tulisannya tidak bakal terlihat rapih, kemungkinan gambar juga yang di ikut sertakan tidak akan muncul dan tidak adanya ciri khas pemilik blog.

13. Perhatikan tanda baca.
    Perhatikan tulisan sobat, apakah sudah benar tanda bacanya ?, kesalahan dalam titik koma akan berakibat mempunyai arti yang berbeda. Bacalah kembali artikel sobat sebelum sobat menerbitkannya.

14. Jangan gunakan gambar yang besar.
    Gambar memang mempercantik blog sobat, tetapi gambar yang besar justru akan jadi bumerang buat loading page blog sobat, yang jelas blog sobat pasti akan di abaikan untuk sementara waktu ketika loading page sedang berjalan.

15. Periksa Dead link.
    Link yang telah mati bakal tidak di sukai pembaca. Jangankan pembaca, search engine pun ngga menyukai hal ini. Lakukan pengecekan Dead link sesering mungkin, banyak tool di internet yang bisa melakukan tugas ini.

16. Jangan terlalu banyak memposting artikel orang lain.
    Ini akan mendapat respon buruk dari pembaca, karna pembaca akan lebih baik membaca ke sumbernya secara langsung.

17. Selalu pasang nama sumber artikel.
     Blog yang Profesional selalu menghargai jerih payah orang lain, yang jelas memasang nama sumber tidaklah merugikan sobat sedikitpun, sebaliknya penghargaan atas jerih payah orang lain itulah yang membuat blog sobat terlihat Profesional.

18. Cara merespon komentar yang baik.
    Jangan pernah bersikap menggurui, hargai semua komentar dengan bijak walaupun ada beberapa komentar yang menyebalkan. Ingat !!, blog tempat orang menuangkan ide dan pemikiran, jadi semua orang pasti mempunyai pendapat yang berbeda

     Ok, selesai deh. Hal di atas adalah beberapa tips agar blog sobat terlihat profesional. Ide dan tulisan ini gue dapat seluruhnya dari o-om.com dan Cosa Aranda gue hanya menambahkan satu point di dan memperbaiki kata-katanya biar lebih pas dalam tulisan ini *lumayanlah.. daripada ga sama sekali * gue mengcopy tulisan ini karna gue anggap perlu dan penting. Karna kesuksesan blog seseorang berawal dari kesalahan yang kemudian di perbaikinya. Ini menurut gue *tumben neh gue ngomong bener.. * Ok deh, yukk buat blogmu lebih Profesional.

2 comments:

Unknown mengatakan...

asl...

stlah kubc dn kupahami artikel tip agar blog lebih profesional, aku ambil kesimpulan... apkah tidak ada cara lain selain tip itu? soalx beberapa blog yg aku baca...semuax sma aja...baik kata2x ( memang ada sedikit perubahan dr tiap2 pemilik blog) ataupun urutan tips2nya.... mohon tips2 yg berbeda.
trm ksih.

oy akn sgt berharga jk mas bertandang ke Menyingkap Ilmu Islam Ditunggu komentx ya mas!!

ok tks.

dani j mengatakan...

assalamu'alaikum, wah memang pas tuh tipsnya n perlu di sebarkan emang.

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Delta Net KABUNAN